Membicarakan destinasi wisata di daerah Garut memang cukup terkenal dengan keindahan alam curugnya (air terjun). Selain curug, pantai di selatan Garut yang terhubung dengan pantai laut selatan menjadi salah satu destinasi yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Ada beberapa pantai yang amat terkenal namun ada juga pantai yang jarang bahkan sama sekali tidak pernah terdengar.

Salah satu pantai yang masuk dalam kategori ini adalah Pantai Cijeruk. Pantai yang tepatnya berada di desa Sagara, kecamatan Pameungpeuk, kabupaten Garut ini seringkali dijuluki sebagai pantai yang masih perawan. Julukan tersebut disematkan karena pantai ini berada di kawasan pedalaman serta keberadaan pantai yang sangat jarang terekspos. Bahkan hanya sebagian dari masyarakat Garut yang mengetahui keberadaan dan lokasi pantai ini.

Harga Tiket Masuk di Pantai Cijeruk

Sebenarnya tidak ada tiket masuk khusus yang harus dibayar oleh wisatawan ketika berkunjung ke Pantai Cijeruk. Pengunjung bisa masuk dengan bebas tanpa dikenakan biaya dengan syarat tidak boleh merusak atau mencemari pantai. Akan tetapi biasanya pengunjung akan dikenakan biaya parkir dengan tarif parkir standar untuk kendaraan, tergantung pada jenis kendaraan yang dibawa.

Untuk jam operasional pantai Cijeruk, pengelola memberlakukan aturan membuka area pantai mulai dari jam 07.00 – 17.00 WIB. Jam operasional tersebut bisa saja berubah tergantung dari keputusan petugas pengelola. Biasanya jika sedang ramai pengunjung, jam tutup akan ditambah 1 hingga 2 jam agar pengunjung yang datang terakhir bisa menikmati pemandangan pantai dengan lebih lama.

Rute Menuju Pantai Cijeruk

Sebenarnya jika dilihat secara geografis, pantai ini lebih dekat jika ditempuh dari kota Tasikmalaya meski pantai secara historis masuk ke dalam wilayah Garut. Bagi pengunjung yang datang dari arah kota Garut, ada jalur alternatif yang bisa dilalui. Pertama, melewati jalan Raya Garut – Cikajang, lurus ke selatan sampai menemukan jalan Cikajang yang dilanjutkan dengan jalan Amblas.

READ :   Pantai Punaga - Info Tiket Masuk, Foto, Rute, Ulasan

Selanjutnya melewati Ciparay sampai menemukan jalan Raya Cisompet lurus terus ke selatan sampai pertigaan jalan Cigodeg. Dari pertigaan tersebut belok kiri menuju jalan Sirna Bakti. Dari jalan sinar Bakti lurus ke timur melewati jalan Miramareu. Sampai menemukan sebuah gardu yang mengarahkan ke pantai Cijeruk. Untuk ke lokasinya melewati jalan kecil ke dalam dan sedikit curam.

Sedangkan pengunjung yang datang dari arah kota Tasikmalaya, jalur alternatif yang ditawarkan yakni menggunakan jalan Perintis Kemerdekaan lurus ke selatan sampai jalan karangnunggal kemudian melewati jalan Syekh Abdul Muhyi, jalan Raya Sukaraja, jalan Cibalong, sampai menemukan jalan raya Karangnunggal lagi. Setelah itu melewati jalan Bantar Kalong lurus ke selatan.

Sampai menemukan pertigaan pada jalan Raya Cipatujah kemudian belok kanan ke arah jalan Ciandum. Dari jalan Ciandum perjalanan dilanjutkan ke arah barat yakni melewati jalur Trans Jawa Barat. Hingga menemukan sebuah tanda jalan yang mengarahkan ke pantai Cijeruk. Untuk masuk ke lokasi pantai akan melewati jalan yang sedikit curam sehingga perlu untuk lebih berhati-hati.

Obyek wisata di Pantai Cijeruk

1. Suasana Pantai yang Asri dan Damai

Mencari destinasi wisata yang asri dan damai tampaknya sangat sulit sekarang ini. Kebanyakan lokasi wisata populer sudah dieksploitasi dengan berbagai bentuk sehingga kesan asri dan kelestariannya mulai berkurang. Pantai Cijeruk yang berada jauh dari pusat kota ini menjadi salah satu destinasi dengan kelestarian alam yang masih tersisa. Kondisi ini sepatutnya dapat dipertahankan.

Selain itu, untuk mencapai lokasi pantai, pengunjung harus melewati hutan karet yang lebat. Hal ini membuat pantai Cijeruk nampak sangat misterius dibalik rerimbunan pohon karet. Namun hal ini justru menciptakan kejutan yang tak terduga karena terdapat surga yang tersembunyi di balik rerimbunan pohon karet. Seperti menemukan sebuah berlian di tengah tumpukan rumput.

2. Air Pantai yang Jernih

Sebenarnya dari kejauhan, air laut di Pantai Cijeruk memiliki dua warna, yaitu warna jernih dan warna biru navy. Akan tetapi jika dilihat dari dekat, air pantai ini benar-benar jernih. Karena pantai ini tergolong baru, maka air pantai masih terjaga kebersihannya, tidak ada sampah baik pengunjung maupun sampah domestik yang dibuang sembarangan.

READ :   Pantai Kasih - Info Tiket Masuk, Foto, Rute, Ulasan

Air pantai juga aman untuk berenang atau bermain air karena tidak mengandung limbah beracun yang berbahaya. Suhu air pantai Cijeruk sangat nyaman, dingin sejuk namun dapat menyebabkan kedinginan jika terlalu lama bermain air. Oleh karena itu, wisatawan yang berkunjung selalu menyempatkan diri untuk sekadar menyentuh air laut pantai Cijeruk ini.

3. Pasir yang Halus

Pasir pantai Cijeruk yang berwarna putih kecokelatan memiliki tekstur yang halus dan empuk sehingga sangat aman untuk melakukan berbagai aktivitas di atas pasir. Pasirnya juga tidak mudah terhisap atau masuk ke dalam sistem pernapasan. Pantai ini didominasi oleh pasir landai mencapai ke tengah pantai. Oleh karena itu, pantai Cijeruk sangat aman bagi anak-anak yang bermain pasir tanpa harus khawatir terkena ombak.

4. Ombak yang Tenang

Selain kondisi pasir yang agak menjorok ke laut, lokasi geografis pantai juga menjadi alasan mengapa pantai ini memiliki tingkat ombak yang tenang. Berada di kawasan teluk menjadikan pantai Cijeruk memiliki ombak yang tenang dengan intensitas rendah. Hal ini menambah kesan bahwa bermain di pantai Cijeruk, terutama bagi anak-anak, cukup aman.

5. Dikelilingi Perbukitan

Salah satu daya tarik pantai Cijeruk adalah jajaran perbukitan hijau nan asri yang mengelilinginya. Perbukitan ini membuat suhu udara di sekitar pantai sangat sejuk, berbeda dengan kebanyakan pantai yang kita temui. Suhu pantai yang relatif stabil dan sejuk ini membuat pantai Cijeruk cukup diminati sebagai lokasi bersantap pada siang hari ditemani dengan hidangan lezat dan semilir angin segar.

6. Berkemah

Ada hal menarik lainnya yang ditawarkan oleh pantai Cijeruk, yakni kemungkinan untuk berkemah yang asyik. Jika ingin berkemah, pengunjung bisa meminta izin kepada pengelola atau petugas pantai. Pasir pantai yang empuk dan landai ini sangat cocok digunakan sebagai alas alami untuk berkemah. Ditambah lagi dengan acara api unggun sambil menikmati jagung bakar yang hangat. Pastinya sangat berkesan.

READ :   Pantai Jetis Cilacap - Info Tiket Masuk, Foto, Rute, Ulasan

7. Banyaknya Makhluk Hidup Air di Sekitar Pantai

Di sepanjang pantai Cijeruk, pengunjung bisa menemukan berbagai makhluk hidup yang berasal dari ekosistem pantai, seperti tumbuhan yang hidup di tepi batu karang, rumput laut yang seolah menari bersamaan dengan ombak air yang jernih dan dapat terlihat dengan jelas. Ada juga ikan-ikan kecil dengan warna-warna yang lucu yang terlihat bermain di tepi pantai.

8. Spot Memancing

Ada banyak spot memancing yang seru di sekitar pantai Cijeruk. Karena banyaknya ikan, pastinya tidak akan bosan jika berlama-lama memancing di pantai ini. Hasil tangkapan dapat dibawa pulang atau dibakar langsung di tempat. Terlebih lagi bagi pengunjung yang ingin berkemah di pantai Cijeruk, sangat menyenangkan untuk membuat api unggun sambil menikmati ikan hasil tangkapan sendiri bersama teman atau keluarga.

9. Berlayar di Pantai Cijeruk

Ada banyak perahu nelayan di sepanjang pantai yang dapat disewa oleh pengunjung untuk melihat keindahan alam pantai Cijeruk dengan lebih dekat. Karena air laut di pantai ini cukup jernih, jika pengunjung melihat dari perahu yang berdekatan dengan dasar laut, pengunjung akan merasa seolah-olah berada di tengah-tengah akuarium raksasa.

10. Wisata Kuliner

Kawasan pantai Cijeruk merupakan lokasi di mana populasi ikan sangat beragam. Oleh sebab itu, penduduk sekitar yang berprofesi sebagai nelayan memilih mencari ikan di sekitar pantai Cijeruk. Selain itu, tidak jauh dari pantai terdapat pelelangan ikan di mana nelayan menjual hasil tangkapan mereka. Pengunjung bisa membeli berbagai macam ikan segar dengan harga yang lebih murah.

Tidak hanya itu, pengunjung juga dapat menikmati makanan dan masakan khas Sunda, khususnya Garut, yang berbahan dasar ikan segar. Makanan ini dijual di jalanan sepanjang pantai Cijeruk. Sangat nikmat menyantap hidangan khas Sunda di tengah hembusan angin pantai Cijeruk serta pemandangan air laut yang menyejukkan mata dan hati. Pengunjung juga bisa memesan kuliner berupa makanan laut sesuai dengan keinginan.

Dengan segala keunikan serta berbagai aktivitas yang dapat dilakukan di pantai Cijeruk, pantai ini merupakan destinasi wisata yang menarik di selatan Garut. Tidak ada salahnya untuk sekali-kali mencoba sensasi berwisata berbeda ke destinasi wisata yang tidak terlalu ramai pengunjung. Justru hal ini akan membuat pengunjung merasa lebih nyaman dalam melakukan berbagai kegiatan di sana.