Pantai Rancabuaya Garut – Info Tiket Masuk, Foto, Rute, Ulasan. Ini adalah sebuah pantai wisata yang berada di daerah Garut bagian selatan. Pantai ini cukup terkenal di kalangan wisatawan.

Memang sejak dulu sudah banyak yang sering mengunjungi pantai di Garut ini. Malah bisa dibilang ini adalah salah satu tempat wisata di Garut yang populer untuk dikunjung iketika liburan.

Pantai ini juga sudah sangat siap untuk menerima kunjungan wisatawan dari berbagai daerah. Mengingat fasilitas yang ada di Pantai Rancabuaya sudah sangat lengkap dan mendukung kegiatan wisata. Fasilitas seperti saung atau gazebo, Mushola, ruang bilas, dan toilet sudah tersedia lengkap di pantai ini.

Jadi kalau kamu sedang berlibur di Garut, boleh main ya ke beberapa pantai yang ada di Garut. Salah satunya ya mampir ke Rancabuaya ini atau beberapa pantai lainnya. Untuk ulasan selengkapnya mengenai pantai ini, silahkan baca tulisan ini sampai selesai.

Pantai Rancabuaya Garut – Info Tiket Masuk, Foto, Rute, Ulasan

Berikut dibawah ini adalah informasi seputar tiket masuk, foto, rute juga ulasan mengenai tempat wisata pantai di Garut Rancabuaya. Informasi ini akan berguna buat kamu yang mau mengunjunginya.

Harga Tiket Masuk di Pantai Rancabuaya Garut

Harga tiket masuk ke Pantai Rancabuaya ini hanya IDR 5000 pada hari biasa dari Senin sampai Jumat. Lalu pada akhir pekan Sabtu dan Minggu harga tiketnya adalah IDR 10.000 saja.

Cukup murah, mengingat hasil dari tiket masuk ke pantai ini akan digunakan untuk memelihara kondisi tempat wisata agara tetap terjaga. Jadi ini adalah pilihan tujuan liburan yang tidak mahal ya.

Kamu bisa datang ke pantai di Garut ini bersama teman atau bersama keluarga. Karena memang liburan ke pantai itu paling asik jika bersama teman atau keluarga.

Jalur, Rute, Cara Pergi Ke Pantai Rancabuaya Garut

Alamat Pantai Rancabuaya ini berada di Desa Purbayani, Kecamatan Caringin, Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat. Untuk pergi ke pantai ini kamu bisa melewati beberapa jalur. Mulai dari lewat jalur utama Trans Jawa Barat, atau jalan lainnya.

Untuk info rute selengkapnya menuju ke Rancabuaya bisa kamu baca dibawah ini. Kamu bisa pergi naik transportasi umum atau kendaraan pribadi dengan melalui jalur ini.

Pantai Rancabuaya - Info Tiket Masuk, Foto, Rute, Ulasan - Jalur, Rute, Cara Pergi Ke Pantai Rancabuaya Garut.

1. Berangkat Dari Pusat Kota Garut

Kamu bisa pergi ke pantai ini dari arah Kota Garut. Untuk rute ke Pantai Rancabuaya dari Garut kurang kamu bisa mengunakan petunjuk lokasi di Google Maps ini, atau bisa mengikuti petunjuk arah ini:

READ :   Daftar Wisata Pantai Sukabumi Wajib Dikunjungi

Arahkan kendaraan kamu melewati jalan Raya Garut – Cikajang, berlanjut ke arah jalan Margawati. Dari situ teruskan menuju jalan Bratayudha, jalan Pasundan, jalan Papandayan, dan jalan Cimanuk.

Dari Jalan Cimanuk ini teruskan saja pergi ke selatan ke arah jalan raya Cisurupan – Cikajang, terus ke arah jalan Cidatar hingga kamu  sampai jalan Amblas dan melewati Cipang Ramatan.

Dari daerah Cipang ramatan terus aja sampai jalan Ciparay – jalan Raya Cihurip –  jalan Raya Cisompet – Jalan raya cigodeg. Kalau sudah sampai ke pertigaan jalan Raya Cigodeg lurus ke barat melewati jalan Cilauteureun.

Disini kamu sudah sampai di terusan jalur Trans Jawa Barat dan tingal luru saja sampai kamu sampai di jalan Rancabuaya. Dari jalan raya Rancabuaya masuk sedikit menuju lokasi pantai Rancabuaya

Perjalanan menuju ke pantai ini dari pusat Kota Garut akan menempuh jarak 135 kilometer dan memerlukan waktu sekitar 3,5 sampai 4 jam perjalanan kalau tidak macet ya.

2. Dari Bandung Lewat Pangalengan

Selain dari Kota Garut, kamu juga bisa berangkat dari Kota Bandung. Mengingat Garut ini tidak terlalu jauh lokasinya dari arah Bandung. Untuk rute yang bisa kamu tempuh dari bandung ke Pantai Ranca Buaya lewat Pengalengan adalah sebagai berikut:

Dari kota Bandung ikuti saja jalur ini : Jalan Baranangsiang → Jalan Jenderal Ahmad Yani → Jalan Asia Afrika → Jalan Jenderal Sudirman → Jalan Nasional III → Jjalan Soekarno Hatta → Jalan terusan Pasirkoja → jalan Tol Soraja.

Dari Jalan Tol Soraja perjalanan dilanjutkan ke Jalan Al-fathu → Jalan Raya Soreang Banjar → wilayah Dangdeur → Jalan Pahlawan → Kebon Kelapa → Jalan Raya Palalengan → Jalan Situ Cileunca→ Jalan Raya Wates → Jalan Cukul, jalan Talegong → Jalan Purwabhakti → jalan Cisewu → Sukarame → Jalan Rancabuaya.

3. Dari Bandung Lewat Cidaun

Untuk rutenya kamu bsa melewati jalan ini : Bandung → Ciwidey → Cidaun → Pantai Rancabuaya. Ini adalah salah satu rute alternatif untuk pergi ke pantai ini. Sepanjang perjalanan kamu akan melewati area pegunungan ketika di daerah Ciwidey. Lalu setelah lewat Cidaun, kamu akan mulai melewati jalur pesisir pantai selatan Jawa Barata dengan pemandangannya yang indah.

Hal Menarik Apa Yang Bisa Dilihat Pada Obyek Wisata Pantai Rancabuaya Garut? Berikut Ulasannya!

Kalau kamu mengunjungi pantai ini, kamu akan menemukan beberapa hal menarik seperti yang jelajahpantai.com ulas dibawah ini.

Hal Menarik Apa Yang Bisa Dilihat Pada Obyek Wisata Pantai Rancabuaya Garut? Berikut Ulasannya!

1. Menikmati Keindahan Air Terjun Di Dekat Pantai

Salah satu daya tarik yang membuat pantai ini unik adalah keberadaan air terjun yang lokasinya berada tak jauh dari pantai. Ini membuat kondisi pantai menjadi unik, karena tidak semua pantai memiliki air terjun.

Jadinya, suasana Pantai Rancabuaya ini semakin menarik. Karena selain bisa menikmati pasir pantai dan air laut, kamu juga bisa menikmati keindahan air terjun di dekat Rancabuaya.

Air terjun dengan air tawar yang segar ini meluncur dari bukit yang berada tak jauh dari lokasi pantai. Meski mungkin air terjunnya tidak terlalu besar, namun ini membuat suasana pantai ini lebih menyenangkan.

2. Bibir Pantai Luas, Juga Pasir Putih Halus Nan Bersih

Bibir pantai Rancabuaya ini bisa dibiliang lumayan lebar. Dengan pasir putihnya yang bersih, kamu bisa menggunakannya untuk bermain pasir atau sekedar bersantai sambil berjemur.

READ :   Foto Pantai Di Jogja - Pantai Ngrawah merupakan salah satu pantai anti mainstream yang ada di kabupaten

Pasirnya juga terasa sangat halus ketika diinjak dengan kaki. Ini membuat siapapun yang ingin berjalan-jalan di tepi pantai akan merasa nyaman. Apalagi menjelajahi sepanjang bibir pantai akan menjadi kegiatan yang menyenangkan.

Jadi kalau kamu kebetulan punya waktu untuk mengunjungi pantai ini, sempatkan untuk menjelajah sepanjang garis pantainya ya. Biar liburannya semakin menyenangkan.

3. Mengagumi Keindahan Tebing Di Dekat Pantai

Mengagumi keindahan tebing yang ada di pantai ini juga bisa kamu lakukan. Seperti yang diketahui kalau di sekitar Pantai Rancabuaya terdapat tebing yang terbentuk secara alami.

Tebing yang ada di pantai ini sudah lama ada, terbentuk secara alami karena hempasan ombak dan erosi yang terjadi dalam waktu lama. Bisa dibilang ini adalah sebuah mahakarya alam liar.

Tebing ini sudah ada sejak lama, dan kamu bisa menikmati keindahannya. Bisa juga kamu gunakan tebing ini sebagai latar untuk kamu berfoto. Mungkin bakal menjadi latar belakang yang epik dan menarik di akun instagram kamu.

4. Menikmati Sunrise Hingga Pemandangan Matahari Terbenam Atau Sunset Di Pantai Rancabuaya

Mungkin pemandangan matahari terbenam dan matahari terbit disini tidak akan sesempurna pemandangan di Pantai Kuta atau Pantai Sanur di Bali. Namun tetap saja, menikmati suasana senja dan sunrise adalah sebuah kegiatan yang menyenangkan.

Menikmati suasana pagi hari setelah matahari terbit akan membuat pikiran lebih segar. Mengingat udara pagi pantai itu biasanya sejuk. Ditambah lagi sinar matahari yang lembuat akan membuat hari semakin semangat.

Lalu menikmati suasana sunset, menunggu matahari kembali tenggelam sambil menanti gelap malam juga tak kalah menyenangkan. Suasana akan menjadi syahdu, sembari ditemani alunan suara ombak.

Selain menikmatinya, jelajahpantai.com juga merekomendasikan kamu untuk mengabadikan suasana sunset dan sunrise dari Pantai Rancabuaya ini. Tentu pemandangannnya akan sangat menakjubkan nanti.

Mengagumi Keindahan Dan Keunikan Laut Pantai.
5. Mengagumi Keindahan Dan Keunikan Laut Pantai

Pantai ini memiliki karakteristik air laut yang unik.  Dari udara seakan terlihat kalau pantai ini memiliki 3 warna yang sangat kontras. Perpaduan warna laut biru toska yang jernih, hijau rumput laut dan lumut dan pasir putih yang bersih akan memanjakan mata kamu.

Ini memang salah satu daya tarik wisata pantai di Garut ini. Karena itu siapapun pasti terhibur kalau mengunjungi dan berlibur ke Pantai Rancabuaya. Pemandangan unik seperti ini mungkin tidak banyak ditemukan di tempat lain lho.

Buat kamu yang mempunyai drone, pastikan untuk mencoba menerbangkannya disini. Jadi kamu bisa mengabadikan keindahan Pantai Rancabuaya ini dari foto drone di udara.

6. Berkemah Di Pantai Rancabuaya 

Seperti yang diketahui, pantai ini buka selama 24 jam. Jadi kamu juga bisa berkemah di pantai ini. Meski sebenarnya ada banyak penginapan yang berada di sekitar pantai, namun berkemah juga akan menjadi kegiata yang menyenangkan.

Namun perlu dicatat, pantai ini sudah cukup ramai dan ada banyak perumahan warga disekitar pantai. Jadi pengalaman camping di dekat pantai akan berbeda dibanding ketika camping di pantai tersembunyi.

Namun demikian, camping di pantai yang sudah ramai seperti di Rancabuaya ini akan lebih aman dan nyaman. Pastikan saja kamu membawa sendiri perlengkapan camping kamu ya.

7. Berenang, Bermain Pasir Dan Bersantai Di Pantai

Pantai Rancabuaya ini tergolong pantai yang cukup nyaman untuk beraktivitas di air. Jadi buat kamu yang mau berenang ditepiannya, bermain air laut, hingga sekedar bermain pasir bisa dilakukan.

READ :   Pantai Cikembang - Info Tiket Masuk, Foto, Rute, Ulasan

Atau kalau kamu ingin bersantai di pantai juga bisa dilakukan. Hanya saja perhatikan cuaca ya. Harap selalu berhati hati kalau kondisi cuaca sedang tidak bagus.

Namun secara umum pantai ini aman untuk digunakan sebagai tujuan piknik atau liburan bersama keluarga. Biasanya pada hari libur pantai ini akan cukup ramai dipenuhi wisatawan dari berbagai kota.

Pantai Rancabuaya - Info Tiket Masuk, Foto, Rute, Ulasan - Melihat Kehidupan Nelayan

8. Melihat Kehidupan Nelayan

Selain sebagai tujuan wisata, kamu bisa juga mengamati kehidupan nelayan di Pantai Rancabuaya. Karena memang sebagian penduduk yang tinggal di pantai ini bekerja sebagai nelayan.

Itu juga terlihat dari ada banyak kapal nelayan di sekitar pantai. Jadi mungkin kamu bisa belajar satu atau dua hal mengenai pekerjaan para nelayan yang tinggal di sekitar pantai ini.

8. Melihat Keunikan Pantai Ketika Air Laut Sedang Surut

Suasana berbeda akan terlihat ketika pantai ini sedang berada pada kondisi surut maksimal. Terumbu karang yang biasanya terendam dan tertutup oleh air laut akan langsung terlihat ketika surut.

Ini tentu akan menjadi pemandangan unik yang berbeda dari pantai ini. Jadinya kamu bisa mendapatkan pengalaman menarik ketika mengamati kondisi Pantai Rancabuaya yang sedang surut.

Kamu bisa menjadikan terumbu karang yang terlihat ini sebagai latar belakang foto Instagram kamu. Kamu juga bisa mencari pecahan karang yang mungkin bisa kamu bawa pulang.

9. Berwisata Kuliner Seafood

Berkunjung ke sebuah tempat wisata tanpa mencoba kuliner tentu akan terasa kurang. Jadi jelajahpantai.com merekomendasikan untuk mencoba kuliner setempat yang banyak tersedia.

Tentu saja kebanyakan kuliner di kawasan wisata Pantai Rancabuaya ini berupa seafood juga beberapa makanan khas setempat dari Garut. Tentu mencoba kuliner lokal akan menjadi kegiatan yang sangat menyenangkan bukan?

Tips Berkunjung

Berikut dibawah ini adalah beberapa tips berkunjung ke wisata pantai di Garut ini agar lebih menyenangkan.

  • Ini adalah salah satu tujuan wisata populer di Garut, jadi kalau kamu ingin mendapatkan suasana pantai yang sepi, berkunjunglah pada hari biasa.
  • Jangan lupa gunakan sunblock atau tabir surya agar kulit tidak terbakar selama berkunjung.
  • Kalau kamu mau camping disini, sebaiknya membawa perlengkapan sendiri.
  • Selain menggunakan kendaraan prbadi, kamu bisa menggunakan kendaraan umum untuk pergi ke pantai. Misalnya kamu bisa naik Elf Garut ke Pameungpuk (IDR 35.000) lalu lanjut naik mobil pickup ke Pantai Shayangheulang (IDR 15.000) dan kemudian naik ojek ke Pantai Rancabuaya.

Penginapan Di Dekat Pantai Rancabuaya Garut

  • Negla Beach Villa, Jl. Jend. S. Parman, Kec. Caringin, Caringin, Garut, Jawa Barat, Indonesia.
  • Villa Jaya Sakti 1, Purbayani, Caringin, Garut, Jawa Barat.
  • Villa Jaya Sakti 2, Purbayani, Caringin, Garut, Jawa Barat.
  • Villa Jaya Sakti 3, Purbayani, Caringin, Garut, Jawa Barat.
  • Villa Cidora, Ranca Buaya, kp. Cidora, Purbayani, Caringin, Kabupaten Garut, Jawa Barat.
  • Villa De Potrek, jalan pantai Ranca Buaya, Purbayani, Caringin, Garut, Jawa Barat.

Untuk penginapan ada beberapa tersedia. Jadi mungkin buat kamu yang tidak mau camping, bisa mencoba menginap di hotel atau penginapan yang lokasinya berada di dekat Pantai Rancabuaya. Bisa dipilih dari beberapa daftar penginapan diatas ya.