Pantai Suweru terletak di desa Balong, kecamatan Kembang, kabupaten Jepara. Pantai ini dikelola oleh pekebunan Beiji dan dapat ditempuh dalam jarak sekitar 30 km dari pusat kota Jepara atau alun-alun. Salah satu keunikan Pantai Suweru adalah pasirnya yang berwarna cokelat yang sangat indah dan alami. Selama perjalanan menuju pantai, pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan bukit dan perkebunan karet yang hijau subur.

Pantai Suweru masih termasuk pantai yang masih alami dan belum banyak dikunjungi oleh wisatawan. Hal ini menjadikannya tempat yang ideal bagi mereka yang mencari ketenangan di pantai. Dari atas bukit, pengunjung dapat menikmati pemandangan lautan lepas di Pantai Suweru dengan panorama pohon kelapa yang tinggi menjulang, tak kalah memukau dibandingkan dengan pantai Kuta Bali.

Harga Tiket Masuk di Pantai Suweru

Untuk masuk ke Pantai Suweru, pengunjung akan dikenakan biaya tiket masuk. Berikut adalah harga tiket masuk yang berlaku:

– Tiket masuk dan parkir motor pada hari biasa sebesar Rp 2.000
– Tiket masuk dan parkir motor pada akhir pekan atau libur nasional sebesar Rp 5.000
– Biaya penggunaan kamar mandi atau bilas sebesar Rp 2.000

Perlu diketahui bahwa harga tiket masuk dapat berubah sewaktu-waktu tergantung pada adanya event atau hari-hari tertentu.

Rute Menuju Pantai Suweru

Akses jalan menuju Pantai Suweru hanya bisa dilalui menggunakan sepeda motor karena harus melewati perbukitan karet. Untuk menuju desa Balong, pengunjung dapat melalui pertigaan Ngemplas, yang terletak di sebelah timur kantor kecamatan Kembang Jepara. Dari sana, perjalanan akan melalui hutan jati sejauh 10 km. Setelah melewati jembatan pembatas desa Balong dan Jinggotan, pengunjung akan menaiki bukit karet.

READ :   Pantai Toronipa - Info Tiket Masuk, Foto, Rute, Ulasan

Berbeda dengan pantai-pantai lain di Jepara, Pantai Suweru menawarkan petualangan bagi para pengunjung. Setelah menaiki bukit karet, pengunjung akan menemui pertigaan. Ambil rute jalan yang lurus menuju desa Dermolo, kemudian di pertigaan berikutnya, belok ke kiri menuju proliman atau simpang lima Balong. Dari sini, pantai sudah cukup dekat, tetapi pengunjung harus melewati hutan karet dengan jalanan yang berbatu.

Obyek Wisata di Pantai Suweru

Pantai Suweru menawarkan beberapa obyek wisata menarik yang dapat dinikmati oleh pengunjung. Berikut adalah beberapa di antaranya:

1. Pantai Berpasir Cokelat yang Alami

Pantai Suweru memiliki hamparan pasir yang luas dengan warna cokelat keabu-abuan yang lembut dan bersih dari sampah. Ini berbeda dengan sebagian besar pantai di Jepara yang memiliki pasir putih. Di sepanjang pantai, terdapat banyak pohon waru yang menambah kesan alami dan rindang. Pengunjung dapat berteduh di bawah pohon-pohon tersebut sambil menikmati keindahan laut, atau bisa juga di beberapa gazebo yang telah disediakan di pantai.

2. Kadar Garam yang Rendah

Pantai Suweru sering disebut sebagai pantai Banyutowo oleh masyarakat sekitar karena memiliki kadar garam yang rendah. Oleh karena itu, ketika mengunjungi Pantai Suweru, pengunjung akan merasakan udara pantai yang kering dan tidak lembap di kulit. Ombak di pantai ini tidak terlalu besar, dan air lautnya juga jernih, cocok untuk berenang, snorkeling, atau bermain air.

3. Wahana Bermain

Pantai Suweru sering ramai saat akhir pekan atau liburan, di mana banyak keluarga yang membawa anak-anak mereka untuk bermain di pantai. Terdapat wahana bermain seperti ayunan, jungkat-jungkit, dan perosotan yang menambah keseruan liburan di pantai. Namun, bagi mereka yang ingin menunggu anak-anak sambil makan di pantai, lebih baik membawa bekal sendiri karena masih sedikit warung di sekitar pantai yang menyediakan makanan.

READ :   Pantai Bama Baluran - Info Tiket Masuk, Foto, Rute, Ulasan

4. Fasilitas Tempat Bilas dan Musholla

Meskipun masih sederhana, Pantai Suweru telah dilengkapi dengan fasilitas toilet umum dan tempat bilas. Sehingga, pengunjung dapat membersihkan diri setelah bermain pasir dan air di pantai. Selain itu, bagi yang ingin menjalankan ibadah, tersedia musholla untuk melakukan sholat.

5. Sunset dan Sunrise yang Memukau

Panorama lautan lepas di Pantai Suweru dengan latar belakang pepohonan yang rindang menjadikannya sangat eksotis, terutama saat matahari terbit dan terbenam. Pengunjung dapat menyaksikan langit biru yang bergabung dengan warna jingga, diiringi oleh suara ombak yang menyejukkan tepi pantai yang panjang. Bagi pecinta fotografi, panorama ini juga cocok untuk mengambil foto siluet.

6. Pemandangan Dermaga Kapal

Di Pantai Suweru, pengunjung dapat melihat pemandangan pohon kelapa yang tinggi, panorama laut biru, dan bukit karet yang alami. Di sisi lain, terdapat pemandangan PLTU (Pembangkit Listrik Tenaga Uap) dan dermaga kapal pengangkut pasir yang berlokasi tidak jauh dari pantai Suweru. Pemandangan ini akan menjadi kenangan tak terlupakan saat mengunjungi pantai Jepara ini.

7. Bali Ketiga di Jepara

Dari atas bukit, pengunjung dapat melihat panorama pantai yang mirip dengan Kuta Bali. Pantai Suweru memiliki garis pantai berpasir hitam dan hutan karet yang sangat panjang, membentang dari sisi selatan hingga utara. Di sekeliling pantai, terdapat hamparan pohon karet yang luas. Selain itu, potensi sumber daya alam seperti sektor pertanian, nelayan, dan pertambangan yang berkualitas ekspor juga terdapat di sekitar pantai ini.

Meskipun masih sederhana dan terletak jauh dari pusat kota Jepara, perjalanan menuju Pantai Suweru melalui perbukitan di desa Balong akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan. Namun, jika mengunjungi pantai ini pada musim hujan, perlu berhati-hati karena akses menuju hutan karet mungkin sulit dilalui. Selain itu, disarankan untuk melakukan perjalanan di pagi hingga sore hari ketika pencahayaan masih cukup baik.

READ :   Pantai Klayar Pacitan - Info Tiket Masuk, Foto, Rute, Ulasan